Tuesday 22 September 2009

MANUAL THIFAN PO KHAN TSUFUK (1) : Asal Usul Thifan Po Khan

Kungfu Thifan Pokhan, Kungfu Muslim Pecahan dari Shaolin

Beladiri Thifan adalah ilmu perkelahian tersendiri dan pecahan dari Tae Kumfu (Shaolin Kungfu). Tae berarti "Dahsyat, hebat, ajaib" dan Kumfu atau kung fu diartikan "Tekun, tenaga terpusat dan kebaikan" yang berasas pada ajaran Budha.

Saat Islam mulai menyebar ke kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara dan Asia Timur, para da'i mengembangkan ilmu bela diri muslim yang dinamakan Thifan Po Khan. Maka Tae Kumfu kemudian pecah menjadi dua jenis yaitu kungfu Shaolin yang beragama Budha dan Thifan Po Khan yang beragama Islam. Thifan Po Khan diolah dan dikombinasi dengan beladiri lainnya serta sudah dibersihkan dari unsur-unsur kesyirikan dan kejahiliyahan. Tenaga Dalam yang dianut juga mengalami perubahan, yang semula memakai Chi Kung yang masih dipelajari dalam Kungfu Shaolin sampai sekarang menjadi Dath.

Rujukan dari http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Sport_Fitness/?kid=23279&lang=en-us

Dalam bahasa Urwun, Thifan Po Khan memiliki arti "pukulan tangan bangsawan". Disebut demikian karena gerakan-gerakan dalam thifan relatif halus dibandingkan beladiri kungfu serumpunnya seperti Syufu Taesyu Khan yang diperuntukkan untuk pasukan penyerang, sehingga kungfu beladiri yang halus ini dianggap cocok untuk para bangsawan pada waktu itu.

No comments: