Saturday 14 November 2009

SERIAL KEPRIBADIAN SEHAT (6)

ORANG YANG BERFUNGSI SEPENUHNYA (ROGERS)

Pribadi sehat menurut Rogers bukan akibat dari pengontrolan peristiwa masa kanak – kanak atau pengalaman – pengalaman sebelumnya tetapi adalah bagaimana kita memandang masa sekarang yang pada dasarnya mempengaruhi tingkat kesehatan psikologis.
Kriteria pribadi sehat menurut Rogers:

1.Keterbukaan terhadap pengalaman
Unsur: terbuka terhadap pengalaman
Menjadi pribadi yang terbuka tidak hanya mau menerima pengalaman saja tetapi juga dapat menggunakan dalam membuka persepsi baru
Contoh: pada semester dua kemarin, nilai saya banyak yang buruk. Ini tidak lepas dari cara belajar saya. Kemudian di awal semester tiga saya mengevaluasi apakah ada yang salah pada cara belajar saya dan merubah cara belajar sehingga di akhir semester tiga hasil yang saya dapat cukup memuaskan

2.Kehidupan eksistensial
Unsur: berfungsi pada setiap kejadian hidup
orang yang berfungsi sepenuhnya hidup sepenuhnya dalam tiap momen hidup, artinya kepribadian terbuka kepada segala sesuatu yang terjadi pada momen itu.
Contoh: saya mempunyai peran/ fungsi di dalam keluarga, di masayarakat kampung, di gereja, dan di kampus.

3.Kepercayaan terhadap organisme orang sendiri
Unsur: percaya diri
Orang yang sehat percaya akan keputusan mereka seperti mereka percaya akan diri mereka sendiri.
Contoh: pada ujian semester tiga kemarin saya sama sekali tidak mengharapkan bantuan dari teman – teman saya dalam menjawab. Saya yakin dan percaya pada jawaban saya.

4.Perasaan Bebas
Unsur: independensi dan otonomi
Orang yang sehat memiliki perasaan berkuasa secara pribadi mengenai kehidupan dan percaya masa depan tergantung oleh dirinya bukan situasi dan masa lampau.
Contoh: saya adalah orang yang sangat tidak mau terkekang dan tergantung pada situasi masa kecil saya dulu. Saya berusaha untuk meraih visi saya bukan hanya melihat ke belakang dan terkenang pengalaman – pengalaman pahit saya.

5.Kreativitas
Unsur: spontan, kreatif
Orang yang sehat mengungkapkan diri dalam produk yang kreatif, spontan, bertumbuh, berkembang, sebagai respon yang beraneka ragam.
Contoh: pada banyak kesempatan ketika teman saya mempunyai suatu masalah, saya sering diminta bantuan untuk mencarikan jalan keluar.

No comments: