Saturday 14 November 2009

SERIAL KEPRIBADIAN SEHAT (3)

ORANG "DISINI DAN KINI" MENURUT PERLS

Kriteria orang Disini dan Kini
1.Berpijak dengan aman pada momen kehidupan sekarang
Unsur: sadar bahwa kenyataan adalah saat ini
mengakui bahwa satu-satunya kenyataan yang dimiliki adalah kenyataan saat ini,
Contoh: saat ini saya sedang dihadapkan pada tugas kuliah yang cukup banyak yang membuat saya tidak bisa bermalam mingguan, bukan karena tadi siang saya adu argument dengan pacar saya.

2.memiliki kesadaran dan penerimaan penuh terhadap diri
Unsur: sadar potensi diri
Berarti individu memiliki pemahaman yang kuat mengenai kekuatan kelemahan, potensi diri.
Contoh: saya tahu dan menyadari apa yang menjadi potensi, kelemahan, dan aspek kepribadian dalam diri saya

3.dapat mengungkapkan impuls-impuls dan hasrat
Unsur: terbuka dalam mengungkapkan emosi
Mengungkapkan dengan terbuka dan sepenuhnya tanpa hambatan atau rasa bersalah
Contoh: ketika kecewa saya mengungkapkan bahwa saya sedang kecewa

4.mampu memikul tanggung jawab terhadap kehidupan mereka sendiri
Unsur: mandiri dan tanggung jawab
Menjadi diri berarti membiarkan secara otonom seorang individu dalam kehidupan
Contoh: Sampurna menjadi berkembang menjadi produsen rokok terkenal karena semangat kemandirian dan tanggungjawab semua aspek perusahaan.

5.berhubungan dengan diri dan dunia.
Unsur: secara sadar
Kesadaran tidak ditutup oleh khayalan, tetapi secara nyata dan sadar.
Contoh: pelayanan Mother Teresa kepada orang miskin dan sakit di India dilakukannya dengan sadar

6.Dapat mengungkapkan kebencian-kebencian mereka dengan terbuka
Unsur: spontan, independen
Kehidupan mereka tidak dapat diatur dari luar, tidak berusaha memenuhi suatu gambaran diri, tapi mengungkapkan dan memenuhi diri yang sebenarnya. Mereka telah menghentikan bantuan lingkungan dan tidak bersandar pada norma-norma dari luar.
Contoh : ketika kecewa dengan suatu keputusan saya langsung mengungkapkan bahwa saya kecewa

7.Dituntun oleh situasi saat ini dan beraksi terhadapnya
Unsur: repon fleksibel
Memberi respon secara fleksibel dan realistis karena mereka sepenuhnya berhubungan dengan kenyataan batas-batas ego tidak mengerut, batas-batas ego fleksibel, mampu meluas atau membesar, menerima semua segi di kodrat mereka.
Contoh: ketika berhadapan dengan suasana duka di rumah teman, respon saya juga berkaitan dengan suasana duka. Tetapi ketika bertemu dengan teman lama, respon saya menjadi bahagia

8.Tidak mengejar kebahagiaan
Unsur: menjadi siapa dan apa
Mengejar kebahagiaan adalah salah, karena kebahagiaan tidak dapat dicapai, kita hanya akan menjadi siapa dan apa pada saat itu.
Contoh: Chris John berlatih tinju terus menerus karena ingin menjadi yang terbaik bukan semata – mata ingin mengalahkan Mike Tyson.

No comments: