Saturday 19 April 2008

Membuat karya fiksi yang menggugah

Assalamu’alaikum

Bagaimanakah cara membuat karya fiksi yang menggugah, menggerakkan, dan memberi kesan mendalam bagi pembacanya? Syukron… wassalam.

Pengirim: Halim (15 tahun)

==========
JAWABAN
==========

Waalaikumsalam

Halo Halim,

Dalam menguasai keterampilan apapun (berenang, karate, mengendarai mobil, memasak kue, dan sebagainya, TERMASUK MENULIS), yang paling penting adalah PRAKTEK. Dalam keterampilan apapun, kita selalu mengenal istilah jam terbang. Semakin tinggi jam terbang seseorang, atau semakin sering ia mempraktekkan keterampilan tersebut, biasanya keahliannya pun semakin baik.

Karena itu, langkah yang paling jitu agar kita bisa menghasilkan karya fiksi yang menggugah dan menimbulkan kesan yang mendalam bagi pembaca, adalah sering-seringlah praktek menulis. Jadikanlah menulis sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari, jangan dijadikan sebagai hobi yang hanya dikerjakan bila ada waktu luang.

Pokoknya menulislah setiap hari. Tulislah apa saja yang bisa ditulis. Tidak harus cerpen. Misalnya pagi tadi kamu berangkat ke sekolah dan melihat ada orang tertabrak motor, silahkan ditulis dalam bentuk catatan harian, laporan pandangan mata, puisi, cerita singkat, atau apa saja. Yang penting adalah praktek menulisnya tetap jalan.

Selain itu, perbanyaklah membaca karya-karya penulis yang sudah diakui kualitasnya. Dan rajin-rajinlah membaca berbagai macam buku, jangan hanya fiksi. Sebab semakin banyak buku yang kita baca, Insya Allah itu akan memperkaya keterampilan menulis kita.

Oke deh, semoga berhasil, ya.

Jonru

Sumber: Konsultasi Fiksi PenulisLepas.com

No comments: