Saturday 19 April 2008

BlankOn 2, Konde

Catatan Rilis BlankOn 2 (Konde)

Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds. Ubuntu and Canonical adalah merek dagang terdaftar milik Canonical Ltd. Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

BlankOn versi 2 yang menggunakan kata "Konde" sebagai nama kodenya, dibuat dengan menggunakan Ubuntu Gutsy Gibbon (versi 7.10) sebagai basis utamanya.

Fitur BlankOn 2

  • Menggunakan basis Ubuntu 7.10 dengan ribuan perangkat lunak yang tersedia pada repositori online.
  • Linux kernel 2.6.22, GNOME 2.20, OpenOffice.org 2.3, Firefox 2.0.8, GIMP, Inkscape, Gnucash dan masih banyak lagi.
  • Antarmuka pengguna yang menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dukungan multimedia yang lebih baik, Anda dapat langsung memutar mp3 dan DVD sesaat selesai menginstal BlankOn 2.
  • Tema dan tampilan grafis yang khas Indonesia.

Tangkapan Layar BlankOn 2

http://www.blankonlinux.or.id/screenshot.html

Kebutuhan perangkat keras

Untuk instalasi dibutuhkan RAM minimal sebesar 256 MB. Semakin besar RAM yang tersedia, semakin cepat proses instalasi.

Unduh BlankOn 2

BlankOn 2 (Konde) dapat diunduh dari halaman Unduh pada situs www.BlankOnLinux.or.id, baik dari situs utama maupun dari situs cermin lainnya.

Pindah dari Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)

Untuk memigrasikan sistem dari Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon ke BlankOn 2, pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada halaman Gutsy ke Konde.

Informasi lain berkenaan dengan instalasi dan peningkatan versi (upgrade) dari sistem lama

Silakan baca catatan rilis Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon).

Umpan balik & Partisipasi

BlankOn Linux selalu terbuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dan berperan aktif dalam pengembangan BlankOn 2. Informasi untuk berpartisipasi di BlankOnLinux dapat Anda baca pada halaman wiki BlankOn.

Bila Anda menemukan masalah dan bugs pada rilis BlankOn 2 (Konde) ini dipersilakan untuk membuat laporan bugs melalui Launchpad.

Dan jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai BlankOn, Anda dapat menanyakannya langsung kepada para pengembang BlankOn yang berada di milis BlankOn.

Tentang YPLI

YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Pengembangan BlankOn 2.0 ini disponsori oleh badan dunia PBB di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan beberapa lembaga di Indonesia.

Tentang Ubuntu Indonesia

Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesia telah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo) Team oleh Ubuntu.

No comments: