Saturday 19 April 2008

Madarijus-Salikin

Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
Madarijis Salikin merupakan penjelasan komprehensif dua ayat dalam surah Al-Fatihah, Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in. Penjelasan yang sangat menarik oleh seorang ulama yang terkenal akan kedalaman ilmunya dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an.

Buku ini menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam surah Al-Fatihah secara keseluruhan, cakupannya terhadap macam-macam tauhid, penjelasan ash sirath al mustaqim, macam-macam hidayah, serta bagaimana surah ini merupakan hujjah bantahan terhadap golongan-golongan yang batil, bid'ah dan sesat.

Dibagian selanjutnya, penulis menjabarkan ayat iyyaka na;budu wa iyyaka nasta'in secara rinci, berupa perjalanan kepada Allah sebagai puncak ubudiyah.

Buku terjemahan ini sendiri merupakan ringaksan dari 3 jilid dari buku aslinya yang telah ditahqiq oleh Muhammad Hamid al-Faqqy.. Sayangnya ringkasan ini merupakan hasil inisiatif dari penterjemah sendiri yang saya sebagai orang awam tidak mengetahui kapasitasnya, apalagi dalam pengantar tidak disebutkan metode meringkas buku tersebut, kecuali hanya menyebutkan mengambil pokok-pokok yang terkadung dalam buku aslinya.

_________
Judul terjemahan: Madarijus Salikin ; Penjabaran Kongkrit Iyyaka na'budu wa Iyyaka nasta'in
Penterjemah: Kathur Suhardi
Halam : 481 + xxiv; hard cover
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

No comments: