Friday 2 October 2009

PKS MEMANG BUKAN WAHABI

Mari kita simak sepenggal komentar netral. Dari seorang yang bukan kader PKS maupun 'kader' wahabi (utamanya dari wahabi-yamani). Yang membuktikan fakta obyektif, di nilai dari luar PKS ataupun wahabiyun. Bawa PKS sungguh BUKAN wahabi. Begini isi komentarnya :


Innlegg #11
2 svör
M Nurul skrifaðiþann 9. ágúst 2009 kl. 16:19
Saya bukan aktivis PKS, juga bukan pendukung PKS. Saya hanyalah akademisi yang menekuni aliran-aliran dalam Islam. Terlalu dini jika disimpulkan bahwa PKS itu teoris--atau pendukung teroris. Jika PKS dikatakan salafi masih ada benarnya, meski tidak sepenuhnya. Memang genealogi PKS berasal dari para alumni Timur Tengah (khususnya Saudi) dan aktivis masjid kampus2 di Indonesia. Saudi memang tidak bisa dilepaskan dengan salafi. Tapi gerakan salafi dalam perkembangan telah berdiaspora menjadi beberapa varian: salafi dakwah, haraki, jihadi, dan sururi. Dalam konteks itu, PKS termasuk salafi. yang awal dan mainstrean salafi adalah salafi dakwah, ciri utamanya adalah anti kekerasan, bahkan aktivitas semacam demonstrasi saja dilarang. Dalam perkembangan ini, PKS itu ada di antara dakwah dan haraki (gerakan). Dan, salafi yang paling genuine adalah tidak berpolitik. Lalu mengapa mengapa justru PKS (ketika itu PK) didirikan oleh para lulusan Saudi seperti Hidayat Nur Wahid, dkk.? Karena, pada era tertentu (1980-an) universitas2 di Saudi terkena pengaruh gerakan Ikhwan Muslimun (IM), melalui dosen-dosen yang berasal dari Mesir. Itu diluar mainstrean salafi Saudi. Nah dari kenyataan itulah, lulusan-lulusan pada era tsb menyebar ke seluruh penjuru dunia, lalu berdirilah partai2 politik yang berafiliasi dengan IM, termasuyk PKS di Indonesia. Jadi salah besar, kalau PKS itu berpotensi radikal dengan ciri kekerasan. Jadi PKS itu lebih banyak IKHWAN-nya daripada SALAFI-nya. Yang jihadi dan Sururi (berasal dari Yaman), mungkin, karena konsep jihad mereka ada;ah qital. Contoh salafi Jihadi itu Laskar jihad yang berperang di Ambon. Dan, yang perlu diketahui, di antara varian salafi itu sendiri terjadi saling bertentangan. Jadi salafi itu tidak satu. Ada hipotesis yang cukup mencengankan: bahwa terorisme itu dibuat oleh Amerika (AS) sendiri, untuk kepentingan politik dan ekonomi AS. Semoga bermanfaat. Wa Allahu a'lam bi al-shawab!

Begitu komentar obyektifnya. Jika misal ada yang beropini berlawanan dengan opini netral diatas. Yaitu beropini 'PKS itu Wahabi'. Berarti 'oknum' yang beropini tsb telah melakukan fitnah. Komen diatas di kutip dari url http://is-is.facebook.com/topic.php?uid=55699992009&topic=18540

No comments: