Sunday 31 July 2016

TATA BAHASA KOREA 1

Pola bahasa Indonesia menganut sistem pola DITERANGKAN – MENERANGKAN,
sedangkan bahasa korea menggunakan sistem MENERANGKAN – DITERANGKAN

Contoh (1)
Mobil itu – 자동차 그
그 자동차 –itu mobil
Foto ini – 사진 이
이 사진 – ini foto
Rumah besar – 집 큰
큰 집 – besar rumah
Makan mie – 먹어 라면
라면 먹어 – mie makan

(2) penerapan tata bahasa korea
S (Subyek)
P (predikat)
o (obyek)
K (keterangan)
Kalau bahasa Indonesia menggunakan tata bahasa S+P+O+K tapi kalau bahasa korea Menggunakan tata bahasa S+K+O+P.
~Contoh kalimat yang menggunakan S+P

Contoh kalimat yang menggunakan subyek dan predikat
저는 학생입니다
Saya adalah pelajar
그사람 선생님입니다
Orang itu adalah guru
그 사람의 의사님입니다
Orang itu adalah dokter

~Contoh kalimat yang menggunakan S+P+O

~Contoh kalimat yang menggunakan S+P+O
저는 한국어를 공부합니다
Saya belajar bahasa korea
저는 밥을 먹습니다
Saya makan nasi
저는 쇼핑 갑니다
Saya pergi berbelanja

~Contoh kalimat yang menggunakan S+P+K

~Contoh kalimat yang menggunakan S+P+K
우리는 식탕에 밥먹습니다
Saya makan dikantin
나는 서울에 갑니다
Saya pergi ke seoul
아저씨 밖에 나갔습니다
Paman sedang pergi keluar

~Contoh kalimat yang mengggunakan S+P+O+K

(Saya) (belajar) (bahasa korea) (dari youtube)
(S) (P) (O) (K)
(저는) (유투브에서) (한국어) (공부합니다)
(S) (K) (O) (P)
(Saya) (bertemu) (teman) (di stasiun kereta)
(S) (P) (O) (K)
(저는) (전철역에) (친구를) (만났어요)
(S) (K) (O) (P)

No comments: